IPMAFA Resmi Membuka Prodi Magister (S2) Pendidikan Bahasa Arab

Setelah sukses menyelenggarakan Program Sarjana (S1), kini Institut Pesantren Mathali’ul Falah secara resmi membuka Program Studi (Prodi) Magister (S2) Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Tahun Akademik 2023/2024 mendatang.

Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 500 Tahun 2023 Tentang Izin Penyelenggaraan Program Studi Pendidikan Bahasa Arab untuk Program Magister pada Institut Pesantren Mathaliul Falah Pati.

Dalam surat keputusan itu disebutkan bahwa izin penyelenggaraan prodi sebagaimana dimaksud diberikan untuk pelaksanaan perkuliahan reguler dan tidak untuk pelaksanaan perkuliahan nonreguler (extention).

Waktu yang diperlukan untuk menempuh pendidikan Program Magister PBA ini sama seperti program magister pada umumnya, yakni 4 semester dengan total kurang lebih 48-50 SKS.

Melalui Ketua Prodi Magister PBA, Dr. Ali Subhan MA, Rektor IPMAFA mengajak alumni maupun masyarakat secara umum, khususnya Kabupaten Pati dan sekitarnya untuk bersama-sama menyambut kesempatan baik ini.

“Dimana Program Magister PBA saat ini bisa dijangkau dengan jarak yang sangat dekat oleh masyarakat, dan bagi angkatan pertama mendapatkan diskon 20%,” tutur Ali Subhan.

Pembukaan prodi baru ini bukan semata tanpa alasan. Ali Subhan mengungkapkan potensi Guru Bahasa Arab di Kabupaten Pati dilihat dari jumlah madrasahnya mulai tingkat Ibtidaiyah, Tsanawiyah hingga Aliyah hampir menyentuh angka 500.

Berdasarkan Data Badan Pusat Statisik (BPS) Tahun 2022/2023, Jumlah Madrasah Kabupaten Pati di bawah Kemenag Menurut Kabupaten/Kota di Provinsi Jawa Tengah dengan kategori Negeri dan Swasta mencapai 417 dengan rincian Madrasah Ibtidaiyah (MI) sebanyak 212, Madrasah Tsanawiyah (MTs) sebanyak 137, dan Madrasah Aliyah (MA) sebanyak 68.

Dengan potensi SDM Guru Bahasa Arab tersebut mendorong IPMAFA membuka program magister ini dengan visi mengintegrasikan keilmuan dan keislaman dengan karakter nilai pesantren untuk mewujudkan Institut Pesantren Mathali’ul Falah Pati sebagai perguruan tinggi riset bertaraf internasional tahun 2035.

Guna mewujudkan visi tersebut, ada beberapa misi yang akan diwujudkan, yakni mengembangkan ilmu-ilmu keislaman yang mampu menjawab problem sosial keindonesiaan dan kemanusiaan; mengembangkan keilmuan pesantren dengan mengintegrasikannya dalam studi keislaman dan keindonesiaan; dan mengembangkan riset untuk menghasilkan ilmu dan keahlian yang berkonstribusi terhadap pembangunan Islam, Indonesia dan dunia.

Ketua Pendirian Program Magister PBA IPMAFA Dr. Agus Syakroni, M.Pd menyampaikan proses pendaftaran mahasiswa baru Magister PBA IPMAFA bisa melalui 2 (dua) cara yakni datang langsung ke kampus atau online dengan batas pendaftaran hingga akhir Bulan Agustus 2023.

Lebih lanjut ia menambahkan bahwa semua jurusan S1 bisa melanjutkan di program Magister PBA ini, nantinya perkuliahan akan menggunakan sistem luring dan daring sesuai kebutuhan, mengingat akan ada dosen tamu dari luar daerah.

Sumber: https://pba.ipmafa.ac.id/2023/07/press-release-ipmafa-resmi-membuka.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *